Manfaat Tanaman Nyamplung

Siapa yang mengetahui pohon nyamplung? ya, pohon yang satu ini mungkin terdengar agak asing di telinga kalian. Tapi ketahui lah bahwa pohon yang berbuah kecil sebesar kelereng ini mempunyai sejuta manfaat bagi kita. Salah satu manfaat terbesarnya adalah sebagai bahan bakar minyak alternatif, mungkin sangat jarang sekali terdengar bahwa pohon nyamplung bisa di olah menjadi bahan bakar alternatif, jelas saja iya mendengar namanya saja kita sangat jarang. Namun akhir - akhir ini pemerintah sedang meneliti akan manfaat pohon ini bisa di jadikan sebagai bahan bakar minyak alternatif. 

Sebenarnya apa sih yang bisa di jadikan atau di manfaatkan dari tumbuhan ini untuk di jadikan bahan bakar minyak? biji buahnya lah yang memiliki manfaat itu. Bahkan hewan sejenis codot sangat menyukai buah nyamplung ini. Biji nyamplung yang sudah tua dapat mendatangkan nilai ekonomis sebagai bahan bakar minyak alternatif yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara berupa jelaga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk setiap 1 Kg biji nyamplung yang sudah tua bisa menghasilkan 0,5 L minyak. Kemudian disebutkan jika dari 1 ml minyak tanah bisa digunakan selama 5,6 menit, dari 1 ml minyak nyamplung dapat tahan sampai dengan 11,8 menit. Dari perbandingan itu bisa dilihat bahwa minyak nyamplung lebih irit dari minyak tanah.

Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta mengembangkan potensi tanaman nyamplung di wilayah Gunungkidul untuk diolah menjadi biodiesel. Pengembangan tanaman ini diharapkan harapan baru untuk penyediaan energi non fosil di masa yang akan datang.

Tanaman nyamplung yang dikembangkan di lahan seluas 25 hektare tersebut merupakan jenis tanaman yang berasal dari Dompu, Nusa Tenggara Barat. Nyamplung jenis ini dipilih karena memiliki rendemen paling tinggi di antara jenis lainnya yang ada di Indonesia.
Menurut peneliti utama BBPBPTH Yogyakarta, Budi Leksono mengatakan pihaknya sudah menanam sebanyak 10 ribu bibit tanaman nyamplung di RPH Gubug Rubuh, Playen sejak Desember lalu. Diharapkan, tanaman tersebut sudah mulai berbuah setelah berumur 3-4 tahun.  Untuk info saja, bahwa pohon nyamplung ini mampu hidup lama hingga puluhan tahun dan berbuah sepanjang tahun, seandainya bisa benar -benar dimanfaatkan sebagai bahan bakar minyak alternatif, maka untuk beberapa puluh tahun kedepan negeri kita tidak akan kekurangan bahan bakar minyak.

1 comments:

  1. Jika anda butuh nomor togel 100% di jamin tembus silahkan hub.AKI SAJIWO di nmr hp beliau.085-322-061-788 terimah kasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

© Buka Mata, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena